Efektivitas Pembelajaran Geografi di SMA Dengan Menggunakan Teams

Merlina Malau, Muh Zid, Ahman Sya

Abstract


Menurut UU Sisdiknas No 20 tahun 2003, Pendidikan merupakan usaha yang sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan yang diperlukan dirinnya dan masyarakat. Pendidikan geografi yang merupakan mother of Science yaitu ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong peningkatan kehidupan. Proses pelajaran geografi yang berlangsung di SMA kebanyakan masih menggunakan media terbatas pada buku teks, buku pelajaran globe peta dan lembar kegiatan siswa. dengan perkembangan informasi teknologi yang terbatas ruang dan waktu dalam bidang pendidikan titik diharap pembelajaran geografi di sekolah lebih menarik dan disukai oleh peserta didik. Oleh sebab itu fokus kajian dari penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran geografi di SMA dengan menggunakan Microsoft teams dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Jumlah responden atau partisipan dalam penelitian ini yaitu 145 peserta didik yang berada di kelas X, XI dan XII IPS. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan tips dan pembelajaran geografi sangat menarik dan membantu saat mengikuti pembelajaran geografi. Hal ini dikarenakan satu aplikasi bisa digunakan untuk pengumpulan tugas, video conference, penggunaannya yang mudah sehingga pekerjaan lebih cepat selesai,  terintegrasi dengan planner, dapat digunakan dimanapun dan kapanpun, serta bisa customize judul chat


Keywords


Geografi, Peserta Didik, Teams

Full Text:

PDF

References


Andhini, N. F. (2017). Hakikat Pembelajaran Geografi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Anies R. Basedan. (2014). Gawat Darurat Pendidikan di Indonsia pendidikan Indonesia. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160

Nisa, K., Triwoelandari, R., & Kosim, A. M. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ) ِ ن سن ل ۡ ٱ ٖ ِ و ق ت ن ِ ا ن ق ل خ د ق ل ِ س ح أ ف ِ. 2(10), 1063–1077.

Situmorang, A. S. (2020). Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran. Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar, 02(01), 30–35.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.