Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di SMP Negeri 1 Ploso Jombang

Khoirun Nisa', Nurie Astari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam, faktor pendukung dan penghambat, dam solusi mengatasi hambatan dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di SMP Negeri 1 Ploso.1. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan melihat masalah yang dikaji dengan melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam membentuk karakter tanggung jawab dalam pembentukan karakter tanggung jawab pada peserta didik waka kesiswaan mempunyai beberapa pencapaian antara lain : memahami perbedaan karakter peserta didik, memerlukan waktu tersendiri dan bertahap, mengedepankan tanggung jawab, memberikan motivasi dan nasehat , keteladanan, intervensi, terintegrasi upaya guru pai dalam pembentukan karakter tanggung jawab memahami perbedaan karakter peserta didik, memerlukan waktu tersendiri dan bertahap, mengedepankan tanggung jawab , memberikan motivasi dan nasehat, pemberdayaan yang dimaksud dengan pemberdayaan, keteladanan, intervensi, terintegrasi. Penelitian ini berkontribusi terhadap isu-isu Pendidikan karakter khususnya karakter tanggungjawab dalam diri anak.


Keywords


Pendidikan,Karakter,Tanggung jawab

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman,. Karakter dan Profesionalisme Guru, (Malang, Raja Grafindo, 2016).

Asiah, Nur. “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6 (2021).

Cahyono, Heri. Strategi Pendidikan Nilai dalam Pembentukan Karakter , Jurnal Sosial dan Keagamaan 1, 2016.

Hak, Khoirul. Pengaruh Fasilitas Pengajaran dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi SIswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang, jurnal ekonomi 2, 2007.

Imamah, Yuli Habibatul. “Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa”, Jurnal Pendidikan Islam ,07 (2021).

Kartika, Ayu. Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama, Jurnal Penanaman Karakter, 2, (2019).

Lickona, Thomas, Pendidikan Karakter,Bandung: PT. Raja Grafindo, 2013.

Mpd, Dr. Meriyanti. Memahami Karakteristik Anak Didik,Jurnal Karakter Anak Didik 02, 2015.

Nasrullah, N. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa." … Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 2015.

Nisa’, Khoirun. “konsep filsafat pendidikan islam dan implikasinya terhadap pengembangan kurikulum pendidikan islam” 2 (2017): 1–12. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/31.

Nisa’ , Khoirun. “Implementasi Program Hafalan Al-Qur’an Di SMP Islam Mbah Bolong Jombang,” Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (2020): 7.

Nisa’, Khoirun. Perbandingan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Bamboo Dancing Baerbasis Cooperatif, dinamika,4,2019:38

Said, Syamsudin. Menjadi Miliuner Kebaikan, Jakarta: Gramedia, 2006.

Salmah, Nuraziza. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMPN 85 Jakarta Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyyah Jakarta 2021 / 1442 H Lembar Pernyataan ( ORISINALITAS ),” skripsi (2021).

Sundari, Ade. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Tanggungjawab Pada Siswa Di SMP Negeri10 Rejang Lebong. Bengkulu: Pendidikan Karakter Siswa, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.