Peran Pendidikan Agama Islam Untuk Mengembangkan Sikap Multikultural Siswa (Studi Di Mts Al-Muddakir Banjarmasin)

Hasni Noor

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui kiprah Pendidikan Agama Islam pada pengembangan perilaku multikultural anak didik pada Mts Al-Muddakir Banjarmasin. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan deskriptif korelasional dengan dua variabel; yaitu mata pelajaran pendidikan agama Islam dan perilaku multikultural anak didik menggunakan korelasi product-moment Pearson. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh anak didik Mts Al-Muddakir Banjarmasin, menggunakan teknik pengambilan sampel purposive secara acak sampling sebesar 20% dari populasi. Hasil berdasarkan penelitian ini merupakan pendidikan Islam mempunyai hubungan positif yang signifikan menggunakan pengembangan perilaku multikultural anak didik pada Mts Al-Muddakir Banjarmasin. Hal ini dibuktikan menggunakan tingginya nilai output analisis data yang diperoleh, r observasi (0,659) lebih besar berdasarkan r tabel dalam tingkat 0,05 (0,254) & 0,01 (0,330). Selain itu, output analisis data penelitian ini jua memperlihatkan bahwa pendidikan Islam mempunyai donasi   yg tinggi terhadap pengembangan perilaku multikultural anak didik pada MTs Al-Muddakir Banjarmasin. Hal ini dibuktikan menggunakan tingginya nilai output analisis data yang diperoleh, donasi   pendidikan kepercayaan Islam terhadap pengembangan perilaku multikultural anak didik pada MTs Al-Muddakir Banjarmasin dalam taraf ke 2 merupakan 43,4%. Kesimpulan berdasarkan penelitian ini merupakan bila pendidikan Islam diterapkan secara optimal maka perilaku multikultural anak didik akan tercipta pada sekolah menggunakan baik.


Keywords


Peran, Pendidikan Agama Islam, Sikap Multikultural

Full Text:

PDF

References


Anshori, M., & Iswanti, S. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF.pdf (p. Books 1-184). p. Books 1-184. Retrieved from ISBN 979-3216-90-5

Apipudin. (2020). Pendidikan Agama Islam Dan Multikulturalisme. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(3), 213–220. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/8156/pdf

Damayanti, A. (2018). Pendidikan Agama Islam. Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan, 2(1705045066), 66–88.

gunawan I. (2019). Kuantitatif Imam Gunawan. 29.

Kodariyah, S. (2019). Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP PGRI 2 Sekampung Lampung Timur. 161 hlm. Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1436/1/Siti Kodariyah.pdf

Lonthor, A. (2020). Peran Pendidikan Multikultural Dalam Menciptakan Kesadaran Hukum Masyarakat Plural. Tahkim, XVI(2), 197–212.

Luth, T., Makmur, S., Hana, M., Hamid, H., Fathoni, K., Rofi’i, A. H., … Hasby, S. (2010). Pendidikan Agama Islam. (March), 238.

Mahardhika, J. D. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 13 Kota Bengkulu. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6905%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/6905/1/SKRIPSI JODY DWI MAHARDHIKA.pdf

Mahsun, M. (2019). Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah: Studi terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 66–83. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1103

Miftakhu, A. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Multikulturalisme. Risalah, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550530

muhammad ihwan harahap. (2018). Peran Guru Pai Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/3352/1/MhD. IHWAN HARAP.pdf

Nugroho, M. A. (2016). Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural; Sebuah Upaya Membangun Pemahaman Keberagamaan Inklusif pada Umat Muslim. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 31–60. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.31-60

Rosyada, D. (2014). Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.1200

samsul munir. (2017). Politik pendidikan islam berbasis multikultural konsep dan strategi pembelajaran agama islam dalam mewujudkan islam rahmatan li al-’alamin. DIROSAT Journal of Islamic Studies, 2(2), 151–182. https://doi.org/10.28944/dirosat.v2i2.105

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif.

Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785

Suyatno, S. (2013). MULTIKULTURALISME DALAM SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Addin, 7(1), 81–104.

Ubaidillah, U., & Khumidat, K. (2018). Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya di SMA Negeri 3 Lumajang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 128. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v11i2.334

Wiyanto, S. H. (2019). Peran Pendidikan Agama Dan Pendidikan Multikultural Terhadap Terwujudnya Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Kasus: Di SMAK Penabur Cirebon Tahun Ajaran 2018-2019). OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 03(Pendidikan Multicultural), 17p. https://doi.org/Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Multikultura




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.