EVALUASI BAHASA ARAB DALAM RANAH KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK

Dony Ahmad Ramadhani

Abstract


Urgensi evaluasi di masa sekarang bukanlah hal yang patut dianggap sepele, karena akan ber-implikasi kepada hasil dari sebuah proses pembelajaran, banyak yang berkeyakinan jika strategi guru sudah baik dan tepat maka pembelajaran akan berhasil, sehingga terkadang tidak memperhatikan evaluasi serta cenderung hanya menggunakan butir-butir tes yang sudah tersedia di buku tanpa memperhatikan esensi-esensi lain secara eksternal seperti keadaan dan pemahaman peserta didik. Padahal signifakansi dari sebuah strategi dan metode belajar adalah bagaimana peserta didik mencapai hasil belajar sesuai dengan tujuan dari pemerintah dan lembaga di mana peserta didik tersebut mengemban ilmu, dan tidak selamanya peserta didik dapat mencerna keseluruhan pembelajaran dengan perbedaan kemampuan yang ada. Terlebih khusus dalam pembelajaran bahasa, di mana kemampuan bahasa tidak hanya berfokus kepada nilai tetapi juga  kepada peningkatan sebuah kualitas pembelajaran berupa praiktik. Salah satu hal yang perludiperhatikan dalam proses evaluasi adalah evaluasi dalam ranah kognitif. Evaluasi dalam ranah kognitif merupakan evaluasi yang di dalamnya terdapat pertimbangan terhadap pengetahuan dan kemampuan berfikir peserta didik dalam proses sebuah evaluasi, setiap tingkatan akan memiliki kemampuan yang berbeda sehingga perlunya memperhatikan tingkatan kemampuan berfikir peserta didik agar terciptanya pembelajaran yang berkualitas


Keywords


Evaluasi, Bahasa Arab, Kognitif

Full Text:

PDF

References


Ainin, M. DKK, Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: Misykat, 2006)

As Sayyid, Muhammad Ahmad, Al Lughah...Tadrisan Wa Iktisaaban (Riyadh: Al Mamlakah Al Arabiyyah As Su’udiyyah, 1988)

Al Arabiyyah Lin Nasyiin (Al Mamlakah Al Arabiyyah As Suudiyyah, Jilid 1)

Desmita, Psikologi perkembangan anak (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), Cet ke 4

Ibda, Fatimah, Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget (Jurnal Intelektualita-Vol. 3.No. 1, Januari-Juni 2015)

KBBI

Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Bandung : PT. Remaja Roosdakarya, 2008)

Soal UAMBN Bahasa Arab tahun 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.