Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Siti Fatimah Azzahra, Fahrurrozi Fahrurrozi, Nidya Chandra Muji Utami

Abstract


Ketidakmampuan belajar adalah masalah yang mengakibatkan siswa tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berbicara saat bercerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sumberjaya 06. Keterampilan berbicara merupakan bagian penting dari keterampilan berbahasa bagi siswa yang dapat berbicara. lebih mudah untuk mengungkapkan pendapat dan mengungkapkan pikiran. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas adalah dengan bercerita yang berkaitan dengan topik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data dari SDN Sumberjaya 06 SD. Subyek penelitian adalah guru kelas V dan 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa dalam bercerita cukup baik. Mengenai keberanian, 7 dari 15 siswa berani bercerita dengan suara lantang dan tatapan mata percaya diri. Dalam hal akurasi, 8 dari 15 siswa memiliki pelafalan dan tata bahasa yang benar. Dalam hal pemahaman, 8 dari 15 siswa menceritakan isi cerita dengan sangat jelas sehingga pendengar dapat dengan mudah memahaminya. Pada bagian fasih, hanya 5 siswa dari 15 siswa yang lancar menyampaikan isi cerita. Mengenai kosa kata, dari 15 siswa, hanya 2 siswa yang bercerita dengan kosa kata yang berbeda sedangkan 13 siswa lainnya masih menggunakan kosa kata yang terbatas. Dari 15 penampilan siswa, hanya 7 siswa yang menggunakan ekspresi. Gestur dan ekspresi wajah menggambarkan gestur dengan melambaikan tangan.

Keywords


Kesulitan Belajar, Keterampilan Berbicara, Bercerita

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Djamarah, S. B. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Irham, Muhammad, dan Novan Ardi Wiyani. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Mardhatillah. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK Pada Materi Teks Narasi di SDN 106161 Laut Dendang.” Jurnal Bina Gogik 2, no. 2 (2016).

Mawardi. Desain Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Samudra Biru, 2019.

Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan : Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI-Press, 1984.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya, 2017.

Saddhono. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwanti, 2012.

Simanjuntak, L. Metodologi Mengajar. Jilid I. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.