Pengaruh Fitur Live Shopee dan Product Browsing terhadap Online Impulsif Buying melalui Shopping Enjoyment pada Produk Fashion (Studi Empiris pada Mahasiswa Pelanggan E-Commerce Shopee di Kota Pekanbaru)

Alifa Roja Amallia, Syaefulloh Syaefulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fitur live shopee dan product browsing terhadap online impulsif buying melalui shopping enjoyment pada produk fashion di e-commerce shopee. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu fitur live shopee dan product browsing dan satu variabel dependen yaitu online impulsif buying serta shopping enjoyment sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu mahasiswa se kota Pekanbaru yang membeli produk fashion di e-commerce shopee. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) tidak terdapat pengaruh signifikan fitur live shopee terhadap shopping enjoyment, b) terdapat  pengaruh signifikan product browsing terhadap shopping enjoyment, c) terdapat pengaruh signifikan fitur live shopee terhadap online impulsif buying, d) tidak terdapat pengaruh signifikan product browsing terhadap online impulsive buying, e) tidak terdapat pengaruh signifikan shopping enjoyment terhadap online impulsive buying, f) shopping enjoyment tidak dapat memediasi pengaruh fitur live shopee terhadap online impulsive buying g) shopping enjoyment tidak dapat memediasi pengaruh product browsing terhadap online impulsive buying.

Keywords


Fitur Live Shopee, Product Browsing, Online Impulsif Buying, Shopping Enjoyment

Full Text:

PDF

References


Ayu, Intan. “Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas, Impulsif Buying, Hedonisme, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Store Media Sosial Dengan Self Control Sebagai Variabel Intervening.” Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics 2, no. 2 (2019).

Darmaningrum, Putu Cindy Clarista, dan I Putu Gde Sukaatmadja. “Peran Shopping Enjoyment Memediasi Pengaruh Hedonic Motivation Terhadap Impulse Buying.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8, no. 6 (10 Maret 2019). https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p17.

Darmawan, Didit, dan Arif Rachman Putra. “Pengalaman Pengguna, Keamanan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Pembelian Online Secara Impulsif.” RELASI : JURNAL EKONOMI 18, no. 1 (8 Januari 2022). https://doi.org/10.31967/relasi.v18i1.523.

Dirnaeni, Desti, Irfan Ardiansyah, dan Christera Kuswahyu Indira. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Fitur Shopee Live.” UG Journal 16, no. 4 (5 Agustus 2022).

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Nastiti, Ninies Khairunisa. Pengaruh Utilitarian Browsing dan Hedonic Browsing Terhadap E-Impulse Buying (Studi Pada Pengguna Blibli.com di Indonesia). Universitas Telkom, 2020. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/163166/pengaruh-utilitarian-browsing-dan-hedonic-browsing-terhadap-e-impulse-buying-studi-pada-pengguna-blibli-com-di-indonesia-.html.

Pratama, Vigo, Ari Agung Nugroho, dan Maya Yusnita. “Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Social Media Product Browsing terhadap Online Impulse Buying Produk Fashion pada Gen-Z di Pangkalpinang.” SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi 1, no. 5 (10 Januari 2023). https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i5.563.

Pratiwi, Indah. “Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Di Online Shop Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 9, no. 1 (12 Juni 2017). https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19994.

Putra, Arfianda Pratama, dan Muhammad Adam. “Pengaruh Shopping Enjoyment Terhadap Impulse Buying Dengan Product Browsing Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumen Shopee Online Shop Banda Aceh (Pada Mahasiswa UNSYIAH).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen 5, no. 1 (3 Februari 2020). https://doi.org/10.24815/jimen.v5i1.13492.

Sinta Puspita Sari, Muhammad Rizal Fadilah, Rul Fahmi, dan Ricky Firmansyah. “Analisis Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sishop_Id Pada Fitur Live Di Aplikasi Shopee.” Student Research Journal 1, no. 3 (3 Juni 2023). https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i3.329.

Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Developtment. Bandung: Alfabeta, 2019.

Suhyar, Salsabila Vania, dan Sri Astuti Pratminingsih. “Pengaruh Live Streaming Dan Trust Terhadap Impulsive Buying Dalam Pembelian Produk Skincare Skintific.” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 4, no. 2 (3 Maret 2023). https://doi.org/10.37385/msej.v4i2.1773.

Tanriady, Inneke, dan Fanny Septina. “Pengaruh E-Wom dan Sales Promotion Terhadap Impulsive Buying Produk Fashion di Shopee pada Mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya.” JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting) 5, no. 1 (18 Februari 2022). https://doi.org/10.35914/jemma.v5i1.800.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alifa Roja Amallia, Syaefulloh Syaefulloh

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.