Pengaruh Service Quality dan Discount Price Terhadap Purchase Decision Melalui Customer Satisfaction pada Minimarket di Kota Pekanbaru

Atha Fadhlul Mufid, Syaefulloh Syaefulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh service quality dan discount price terhadap purchase decision melalui customer satisfaction pada minimarket di Kota Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu service quality dan discount price dan satu variabel dependen yaitu purchase decision serta customer satisfaction sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu masyarakat se kota Pekanbaru yang berbelanja di minimarket yang ada di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) tidak terdapat pengaruh signifikan service quality terhadap customer satisfaction, b) terdapat pengaruh signifikan discount price terhadap customer satisfaction, c) tidak terdapat pengaruh signifikan service quality terhadap purchase decision, d) terdapat pengaruh signifikan discount price terhadap purchase decision, e) terdapat pengaruh signifikan customer satisfaction terhadap purchase decision, f) customer satisfaction tidak dapat memediasi pengaruh service quality terhadap purchase decision g) customer satisfaction dapat memediasi pengaruh discount price terhadap purchase decision.

Keywords


Service Quality, Discount Price, Purchase Decision, Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Arianty, Nel, dan Ari Andira. “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 4, no. 1 (31 Maret 2021). https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766.

Artana, I Putu Widya, I Gusti Bagus Satria Wisesa, I Komang Setiawan, Ni Luh Putu Mita Pramestya Utami, Ni Nyoman Kerti Yasa, dan Made Jatra. “Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi kasus pada Indomaret di kota Denpasar).” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 8, no. 4 (4 Mei 2019). https://doi.org/10.24843/EEB.2019.v08.i04.p03.

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Hamid, Abdul, Mokhammad Natsir, dan Harianto Respati. “Pengaruh Customer Trust dan Customer Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Melalui E-WOM.” SKETSA BISNIS 9, no. 1 (15 Juli 2022). https://doi.org/10.35891/jsb.v9i1.2800.

Johannes, Chando Steven, dan Valentine Siagian. “Pengaruh Brand Ambassador, Kepercayaan, dan Price Discount Terhadap Minat Beli di Aplikasi Tokopedia.” JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 6, no. 2 (25 Juni 2021). https://doi.org/10.30736/jpim.v6i2.690.

Marbun, Maulina Br, Hapzi Ali, dan Fransiskus Dwikoco. “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 2 (8 September 2022). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134.

Muharmi, Habibah, dan Dessy Kurnia Sari. “Pengaruh Service Quality, Food Quality, Dan Perceived Value Terhadap Consumer Satisfaction Dan Behavioral Intentions.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 5, no. 2 (14 Desember 2019). https://doi.org/10.32528/jmbi.v5i2.2880.

Nofindri, Maharesta Lutfhiana, Agus Sutarjo, dan Rizka Hadya. “Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Mini Market Wirda Kota Padang.” Matua Jurnal 3, no. 1 (26 Maret 2021).

Saputro, Ikhsan. “Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumen Ritel Minimarket Kota Yogyakarta.” JURNAL ILMU MANAJEMEN 16, no. 1 (22 Mei 2019). https://doi.org/10.21831/jim.v16i1.25063.

Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Developtment. Bandung: Alfabeta, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Atha Fadhlul Mufid, Syaefulloh Syaefulloh

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.