Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Online Customer Review pada Fashion Terkini di Tiktok Shop

T. Azura Fitri, Syaefulloh Syaefulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh influencer marketing dan viral marketing terhadap purchase intention melalui online customer review pada fashion terkini di Tiktok Shop. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu influencer marketing dan viral marketing dan satu variabel dependen yaitu purchase intention serta online customer review sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu mahasiswa di kota Pekanbaru yang membeli produk fashion terkini di Tiktok Shop. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) terdapat pengaruh signifikan influencer marketing terhadap online customer review, b) terdapat  pengaruh signifikan viral marketing terhadap online customer review, c) tidak terdapat  pengaruh signifikan influencer marketing terhadap purchase intention, d) tidak terdapat  pengaruh signifikan viral marketing terhadap purchase intention, e) terdapat  pengaruh signifikan online customer review terhadap purchase intention, f) online customer review dapat memediasi pengaruh influencer marketing terhadap purchase intention g) online customer review dapat memediasi pengaruh viral marketing terhadap purchase intention.


Keywords


Influencer Marketing, Viral Marketing, Purchase Intention, Online Customer Review

Full Text:

PDF

References


Agung Tri Wahyudi. (2022). INFLUENCER MARKETING (2).

Agustin, N. (2022). PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI SKINCARE PADA TIKTOK SHOP. Dalam KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Vol. 5, Nomor 1).

Agustina, W., & Purnama Sari, W. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Tiktok terhadap Brand Image Bittersweet by Najla (Vol. 5, Nomor 2).

Ahmad Faisal Hakim. (2023). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop (Studi Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2019 Universitas Islam Malang).

Alivia Nurrohma Nabila. (2023). PENGARUH POTONGAN HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA MINAT BELI KONSUMEN TIKTOK SHOP.

Amelia Wati, R., & Ridwan Basalamah, M. (2021). e-Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN. www.fe.unisma.ac.id

Andra Widiyawati, R., & Dwijayati Patrikha, F. (2023). PENGARUH TIME LIMIT MARKETING DAN VIRAL MARKETING STRATEGY TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA APLIKASI SOCIAL COMMERCE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2).

Aqiella Sakinatun, F. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris pada Konsumen Pengguna TikTok Shop di Wilayah Surakarta). www.goodstats.com

Dharma, B., Auliyani, M., Nuril, N., Manik, A., William, J., Ps, I. V, Estate, M., Percut, K., & Tuan, S. (2022). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS KOTA MEDAN). Dalam Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEKOMBIS) (Vol. 1, Nomor 4).

Fachmi, M., Sinau, H., Management, A., & Makassar, I. (t.t.). The effect of Online Costumer Reviews and Influencer Marketing on Shopee Purchasing Decisions. https://doi.org/10.33830/tjeb.v3i2

Ghozali. (2020). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2019). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Hana Yoflike Mokodompit. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING, SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK SHOP (STUDI PADA MAHASISWA DAN ALUMNI EQUIL CHOIR FEB UNSRAT).

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI LITERATUR) (Vol. 15, Nomor 1).

Ishmah Azizah Dwi Putri. (2023). 8062-24758-1-PB.

Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i6.754

Kurniawan Daniel, Willem J. F. A Tumbuan, & Ferdy Roring. (2021). iogi2018,+11.+Daniel+Kurniawan.+OK.

Muhammad Alghiffari, I., & Listyorini, S. (2022). THE EFFECT OF INFLUENCER AND CONSUMER REVIEW ON PURCHASE INTENTION WITH BRAND IMAGE AS INTERVENING VARIABLE. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v7i3.38910

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451

Ramadhan, N., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2023). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Equity Pada Kampanye Inclusive Beauty MS Glow For Men. 14(1), 2023–2109. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.2687

Sabillah, F. Z., Akbar, T., Latianingsih, N., Niaga, J. A., Jakarta, N., & Jakarta, P. N. (2022a). Pengaruh Viral Marketing dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Media Sosial Tiktok (Studi Kasus Pada Mie Gacoan). Dalam Jurnal Administrasi Profesional (Vol. 03, Nomor 2). https://www.tiktok.com/@miegacoan.tiktok,

Sabillah, F. Z., Akbar, T., Latianingsih, N., Niaga, J. A., Jakarta, N., & Jakarta, P. N. (2022b). Pengaruh Viral Marketing dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Media Sosial Tiktok (Studi Kasus Pada Mie Gacoan). Dalam Jurnal Administrasi Profesional (Vol. 03, Nomor 2). https://www.tiktok.com/@miegacoan.tiktok,

Salasa Ahmada, A., Arifin, R., & Normaladewi, A. (2021). e-Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN. www.fe.unisma.ac.id

Siaran, P., Dan, L., Promosi, K., Minat, T., Mahasiswa, B., Pratama, A., Putra, Y., Atthaya, ;, Zhafira Hilwana, L., Fadhli, ; Muhammad, Multazim, A., Muhammad, ;, Hafiz, Z., Syti, ;, & Maesaroh, S. (2023). Jimek : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek"http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (2019 ed.). Alfabeta.

Tri Umi Wulandari. (2019). 22514-62862-1-PB.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 T. Azura Fitri, Syaefulloh Syaefulloh

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.