Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Event Tanggal Kembar Shopee di Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Costumer Review terhadap Keputusan Pembelian pada event tanggal kembar shopee di Pekanbaru. Objek dari penelitian ini adalah pengguna shopee di Kota Pekanbaru, dengan sampel sebanyak 100 responden yang menjadi pengguna e-commerce shopee dikota pekanbaru. Teknik analisis data dengan menggunakan Structural equation modeling dengan menggunakan aplikasi Smart PLS versi 3. Temuan dari penelitian ini diketahui bahwa Promo Gratis Ongkos Kirim tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada event tanggal kembar shopee di Pekanbaru. Sedangkan Online Costumer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada event tanggal kembar shopee di Pekanbaru. Berdasarkan uji determinasi disimpulkan bahwa Promo Gratis Ongkos Kirim and Online Costumer Review mempengaruhi keputusan pembelian pada event tanggal kembar shopee di Pekanbaru secara simultan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, Tuti. “Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Pada Event Tanggal Kembar (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee).” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5, no. 1 (2023): 5418–26.
Alfitroch, Ulfi Ansyah, Eka Farida, dan Fahrurrozi Rahman. “Pengaruh Iklan, Promo Gratis Ongkos Kirim, dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Belanja Online (Studi Kasus pada Warga RT 8 Kelurahan Karangbesuki Kota Malang).” e-Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 11, no. 1 (2022): 71–78.
Amalia, Ratu Dinar, dan Sampurno Wibowo. “PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE NYINYIR PADA APLIKASI SHOPEE FOOD.” e-Proceeding of Applied Science 5, no. 2 (2019): 571–79.
Ardany, Windya Setya. “Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee.” Doctoral dissertation, IAIN KUDUS, 2020.
Ardianti, Asri Nugrahani, dan M.AB Widiartanto. “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee .” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2019, 1–11.
Arum Ambarwati, Aulia Nissa Khoiri, Nafisa Rahma Dewi, dan Wintan Prastiti Nazilah Lailatul Habiba. PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE NYINYIR PADA APLIKASI SHOPEE FOOD. KENDALI: Economics and Social Humanities. Vol. 1, 2023. https://doi.org/10.58738/kendali.v1i2.32.
Dewi, Ni, Ni Martadewi, Adeoni Mangamis, Stefany, dan Putu Susanto. “Respon dan Pengalaman Konsumen Berpartisipasi pada Mega Sale Tanggal Kembar: Studi Kasus E-commerce Shopee 9.9 Super Shopping Day.” Prosiding SINTESA 4 (2021): 305–12.
Dzulqarnain, Iskandar. PENGARUH FITUR ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE SKRIPSI Diajukan guna memenuhi salah satu persyaratan dalam mendapatkan gelar Strata Satu (S1) Ilmu Administrasi Bisnis, 2019.
Elwalda, Abdulaziz, dan Kevin Lu. “The impact of online customer reviews (OCRs) on customers’ purchase decisions: An exploration of the main dimensions of OCRs.” Journal of Customer Behaviour 15, no. 2 (2016): 123–52. https://doi.org/10.1362/147539216x14594362873695.
Febriana, Mitha, dan Edy Yulianto. “Pengaruh Online Consumer Review Oleh Beauty Vlogger.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 58, no. 1 (2018).
Furadantin, Natalia Ririn. “Analisis Data Menggunakan Aplikasi SmartPLS v.3.2.7 2018.” Academia (Accelerating the world’s research), 2018, 1–8.
Hair, Joseph F., G. Tomas M. Hult, Christian M. Ringle, Marko Sarstedt, Nicholas P. Danks, dan Soumya Ray. “Evaluation of the Structural Model,” no. July (2021): 115–38. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_6.
Hariyanto, Halila Titin, dan Lantip Trisunarno. “Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee.” Jurnal Teknik ITS 9, no. 2 (2021). https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56728.
Istiqomah, Mira, dan Novi Marlena. “Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion.” Jurnal Manajemen 12, no. 2 (2020): 288–98.
Jannah, M, B Wahono, dan K Khalikussabir. “Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee.” Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 10, no. 13 (2022): 38–51.
Kapriani, Kapriani, dan Ibrahim Ibrahim. “Analisis Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Layanan Jasa Grab Food pada Masa Pandemi.” SEIKO : Journal of Management & Business 5, no. 2 (2022): 2022–2395.
Kurniadi, Hanif. “Penilaian Produk Dan Gratis Biaya Kirim Pada Keputusan Pembelian Di Shopee.” Buletin Studi Ekonomi 28, no. 02 (2023): 220. https://doi.org/10.24843/bse.2023.v28.i02.p10.
Lackermair, Georg, Daniel Kailer, dan Kenan Kanmaz. “Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective.” Advances in Economics and Business 1, no. 1 (2013): 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101.
Latief, Fitriani, dan Nirwana Ayustira. “Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla.” Jurnal Mirai Managemnt 6, no. 1 (2020): 139–54.
Maulana, Hutomo Atman, dan Yunelly Asra. “Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan.” Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 7, no. 2 (2019): 162. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1220.
Mayangsari, Mayangsari, dan Siti Aminah. “Pengaruh Penilaian Produk, Promosi dan Layanan COD (Bayar di Tempat) Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Sidoarjo.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 6, no. 2 (2022): 498. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.592.
Naryono, Endang, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi, dan Pasim Sukabumi. “Design Keputusan Pembelian E-Commerce Di Kota Sukabumi.” Ekonomedia 11, no. 01 (2022): 9–23.
Nerly Ovirya, Marheni Eka Saputri. “Pengaruh Social Media Marketing dan Customer Online Review terhadap Keputusan Pembelian Somethinc” 5 (2023): 4–8. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.666.
NIKEN PUJI ASTUTI. “ANALYSIS INFLUENCE OF CUSTOMER RATINGS REVIEWS ONLINE, FREE SHIPPING PROMOTION AND DISCOUNT PROMOS ON PURCHASING DECISIONS IN E-COMMERCE Submitted as a Partial Fulfillment of the Requirement for Obtaining a Bachelor of Management at the Faculty of Economics and Business MANAGEMENT DOUBLE DEGREE FACULTY ECONOMIC AND BUSINESS OF UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2022,” 2022.
Park, Cheol, dan Thae Min Lee. “Information direction, website reputation and eWOM effect: A moderating role of product type.” Journal of Business Research 62, no. 1 (2009): 61–67. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2007.11.017.
Pasaribu, Ayu Priska. “Pengaruh Metode Pembayaran Cash On Delivery (COD) Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Pada Masyarakat Kota Medan,” 2022, 1–31.
Patricia Regina Vernandi. “Pengaruh Cash on Delivery, Promo Gratis Ongkir Dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Marketplace Shopee Di Wilayah Kota Tangerang.” Skripsi 1 (2022): 1–10.
Pradana Perkasa, Rendra, Muhammad Firdaus, dan Amien Pudjanarso. “Impact of Service Quality, Atmosphere of Store, Price and Word of Mouth on Purchase Decisions in Swiwings, Jember.” MBA - Journal of Management and Business Aplication 4, no. 1 (2021): 399–406. https://doi.org/10.31967/mba.v4i1.425.
Ramadan, Fitra, Haeruddin Hafid, dan Stie Muhammadiyah. “Pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace.” Forum Ekonomi 23, no. 3 (2021): 405–12.
Ramadhana, Risya, dan Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang. “Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee: Influence Of Online Customer Review On Purchase Decisions On The Marketplace.” Prospek 1, no. 1 (2022): 157–66.
Saputra, Septa Adi, dan Mohamad Nur Singgih. “Pengaruh rating di aplikasi Tokopedia dan Bukalapak, jumlah followers instagram dan electronic word of mouth terhadap keputusan membeli.” Management and Business Review 3, no. 2 (2019): 124–32. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i1.4734.
Sari, Vela Novita. “Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon, Dan Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta.” Manajemen Pemasaran, 2019, 1–35.
Sarstedt, Marko, Christian M. Ringle, dan Joseph F. Hair. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling.” Handbook of Market Research, no. July (2021): 587–632. https://doi.org/10.1007/978-3-319-57413-4_15.
Siti Nuraeni, Yuni, dan Dwi Irawati. “The Effect Of Online Customer Review, Quality Product, And Promotion On Purchasing Decision Through Shopee Marketplace (A Case Study Of Ubsi College Student).” Jurnal Ilmiah Manajemen 9, no. 4 (2021): 439–50.
Sugiyono. Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, 2018.
Yoana Putri, Marista, dan Fathorrahman Fathorrahman. “Pengaruh Patronage Buying Motives Dan Promosi Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee.” Distribusi - Journal of Management and Business 10, no. 1 (2022): 105–16. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.212.
Zakiah, Z, dan M Trianita. “Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Shopeefood Pada Mahasiswa Feb Universitas Bung Hatta Padang.” Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University 21 (2) (2022): 1–2.DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2971
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nanda Yulistiyani, Awliya Afwa, Adella Puspita
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.