Reformasi Birokrasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar

Abdurrohman Abdurrohman, Yaqub Cikusin, Afifuddin Afifuddin

Abstract


Reformasi Birokrasi Pelayanan adalah sebuah kebijakan Pemerintah Daerah yang telah diberikan kewenangan oleh Pemerintah Pusat sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dalam ayat 1 bahwa dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dapat melakukan pembaharuan dan innovasi pelayanan publik. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana reformasi birokrasi pelayanan administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar dan apa faktor pendukung dan penghambat reformasi birokrasi pelayanan administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis dari Miles, Huberman (2014) yakni meliputi pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa reformasi birokrasi pelayanan administrasi kependudukan di Dispendukcapil Kabupaten Blitar dalam kurun waktu lima tahun terkahir telah melakukan reformasi birokrasi pelayanan administrasi. perubahan dan innovasi pelayanan administrasi di tinjau dari kelembagaan terdapat perubahan struktur, dan dari sisi penataan perubahan visi-misi organisasi dan dari sisi sumber daya aparatur terdapat program pelatihan dan bimbingan teknis terhadap pegawai Dispendukcapil dan pihak pelayanan di desa/kelurahan. pada 5 tahun terakhir ditinjau dari pelayanan ada tiga pelayananantara lain pelayanan tersentral, pelayanan online dan pelayanan Lapk Sarah. Adapun faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan reformasi birokrasi pelayanan administrasi kependudukan Dispendukcapil. Faktor pendukung yakni aplikasi E-SIAP dan aplikasi Lapak Sarah. Sementara faktor penghambat yakni kurangnya SDM untuk di lapangan, anggaran bertahap.

Keywords


Reformasi Birokrasi, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Full Text:

PDF

References


Ainin Moh. 2013. Metode Penelitian Bahasa Arab. Malang. Bintang Sejahtera (hlm. 121)

Mustafa Delly. 2013. Birokrasi Pemertintahan. Bandung. Penerbit : Alfabeta

Thoha, M., 2007. Beberapa Tulisan dan Wawancara di Koran dan Majalah, Jakarta

Thoha, M. 2004. Birokrasi dan Politik di Indonesia, Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

S. Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung. Tarsito Bandung (hlm. 115)

Setiyono, Budi. 2016, Birokrasi dalam Persfektif Politik dan administrasi. Bandung. Penerbit Nuansa Indah

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta (hlm 209).

Sedarmayanti. 2010. Majanemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi, dan Manajamen Pegawai Sipil. Bandung, Refika Aditama

Ahmadi, Rulam. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya. Bandung

Komaruddin. 2011. “Reformasi Birokrasi dan Pelayanna Publik. Di dalam jurnal Sekretariat Negara. Nomor 20, Hlm 144-190

Undang-Undang No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dalam ayat 1 bahwa dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah ayat 2

Undang-Undang No 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Peraturan Presiden No. 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.3410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Abdurrohman Abdurrohman, Yaqub Cikusin, Afifuddin Afifuddin

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.