Gaya Komunikasi Akun Tiktok @msalbaniquotes dalam Menyampaikan Nilai-Nilai Islam di Kalangan Gen-Z

Ardiansyah Wijaya, Muktarruddin Muktarruddin

Abstract


Dalam perkembangan zaman, cara menyampaikan nilai-nilai Islam semakin modern dengan dukungan media baru. Media dakwah, seperti TikTok, efektif menyebarkan pesan Islam dengan kreatif dan relevan bagi Generasi Z seperti pada akun @msalbaniquotes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Adapun tujuan penelitian ini, untuk mengetahui gaya komunikasi yang digunakan pada akun TikTok @msalbaniquotes.  Dengan hasil penelitian menyatakan bahwa gaya komunikasi @msalbaniquotes terbukti menarik dan efektif, menghasilkan konten yang banyak disukai dan dibagikan di kalangan Gen-Z. Konten-konten tersebut tidak hanya menghibur, tetapi juga memotivasi dan membentuk sikap positif. Dari hasil penelitian, gaya komunikasi ini terbukti berhasil membangun pengaruh besar di kalangan Gen-Z, membuktikan bahwa media sosial bisa menjadi sarana efektif untuk menyebarkan pesan yang positif.


Keywords


Gaya Komunikasi, Nilai Islam, Gen-Z

Full Text:

PDF

References


Abd El- Khalil, Ibrahim Amal Fattah. 2016. TheIslamic Perspective of Interpersonal

Communication . Journal of Islamic Studies Culture

Badudu J.S,1994. kamus umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustakan Sinar Harap

Bambang Maarif Saiful. 2010. Komunikasi Dakwah: Paradigma Untuk Aksi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Burhan, Bugin. 2005. Metode Penelitain Kualitatif. Jakarta:Prenada Media Group.

Cangara Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi,Jakarta: Rajawali Pers

Chaer A.D. 2010. Sosiolinguistik perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta

Dalimunthe, M. A., Pallathadka, H., Muda, I., Devi Manoharmayum, D., Habib Shah, A., Alekseevna Prodanova, N., Elmirzayevich Mamarajabov, M., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic education in the new era of information and communication technologies. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1). https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608

Fauzan, Almansur. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar Ruzz Media,h165.

Fauzan, I., Arifin, A., Dalimunthe, M. A., & Rahmadani, S. (2023). The configuration of ethnic and religious relations towards the 2024 general election: A case study in Medan, Indonesia. Multidisciplinary Science Journal, 6(2), 2024006. https://doi.org/10.31893/multiscience.2024006

Hanifah Abdillah,1984 Memahami Komunikasi Antar Manusia, Surabaya : Usaha Nasional

Hasiholan,2020. Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan

Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi. H-5(3)

Indainanto, Y. I., Dalimunthe, M. A., Sazali, H., Rubino, & Kholil, S. (2023). Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of

Differences in Beliefs. Pharos Journal of Theology, 104(4). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.415

Lina & Chriswardan,2021. Pemanfaatan Media Social Tiktok Sebagai Media Promosi Industry Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, h-12

Meleong Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya, h-248.

Muchsin Faizah dan Effendi Lalu. 2009. psikologi dakwah. Jakarta :Kencana

Rubino, R., Ritonga, A.R., Madya, E.B. & Ritonga, H.J. (2023).The Ethics of the Apostle

Da'wah in the Qur'an and its Application in Social Media. Pharos Journal of Theology,

104(2).https://www.pharosjot.com/uploads/7/1/6/3/7163688/article_10_vol_104_2__i ndonesia_correct.pdf

Setiawan & Anggito, 2018. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Jejak Publisher

Sikumbang, A. T., Dalimunthe, M. A., Kholil, S., & Nasution, N. F. Digital Da'wah Indonesia Ulema in the Discourse of Theology. Pharos Journal of Theology. 105(1). 1-14. https://doi.org/10.46222/pharosjot.1051

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D . Bandung: ALFABETA

Syukir, Asmuni. 2008. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Jakarta: Kencana

Wahyu, Ilaihi. 2010. komunikasi dakwah, bandung: Remaja Rosdakary




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i3.3442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ardiansyah Wijaya, Muktarruddin Muktarruddin

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.