Pengaruh Kegiatan Event Pemasaran, Promosi Media Sosial Instagram dan Pemasaran Hubungan Terhadap Keputusan Pasien Berobat Rawat Inap di Rumah Sakit Rayhan Subang

Didik Budiyanto, Theresia Pradiani, Fathorrahman Fathorrahman

Abstract


Rumah Sakit Rayhan Subang merupakan salah satu rumah sakit swasta tipe C di Kabupaten Subang, meskipun baru berdiri namun sudah diterima oleh masyarakat hal ini dengan meningkatnya angka penggunaan tempat tidur yang luar biasa dalam dua tahun terahkir ini. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti dimana sebagai rumah sakit swasta tentunya kinerja BOR (Bed Occupancy Ratio) menjadi sangat penting karena berbanding dengan penerimaan pendapatan rumah sakit itu sendiri. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa Keputusan Pasien Berobat Rawat Inap di Rumah Sakit Rayhan Subang. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara pengisian kuesioner dengan metoda teknik purposive sampling. Pada penelitian ini ditentukan populasi pasien dengan pembayaran umum pada bulan Januari – Februari 2024 di RS Rayhan sebanyak 115 pasien, melalui rumus Slovin maka diperoleh sample sebanyak 89 pasien sebagai responden. Data penelitian selanjutnya diolah secara metoda kuantitatif dengan Analisa Regresi Linear Berganda menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan setiap variabel yang diteliti yakni Kegiatan Even Pemasaran, Promosi Media Sosial Melalui Instagram dan Pemasaran Hubungan atau Relasional masing masing memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan Pasien untuk berobat rawat inap di RS Rayhan Subang.


Keywords


Kegiatan Event Pemasaran, Promosi Media Sosial Melalui Instagram, Pemasaran Hubungan atau Relasional dan Keputusan Pasien

Full Text:

PDF

References


Azizah, N., dan B.B. Raharjo. “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Proses Keputusan Pasien Memilih Layanan Kesehatan.” Higeia Journal of Public Health Research and Development 4, no. 2 (2020).

Fajrini, Fini, Andriyani Andriyani, Suherman Suherman, Noor Latifah, Dadang Herdiansyah, Nur Romdhona, dan Ernyasih Ernyasih. “Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Covid-19 (Study Rumah Sakit X).” Jurnal Kedokteran dan Kesehatan 18, no. 1 (21 Februari 2022). https://doi.org/10.24853/jkk.18.1.113-122.

Farhanurrizka, Farhanurrizka, dan Mukhlis Yunus. “Pengaruh Pemasaran Digital dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online dengan Pengelolaan Hubungan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada Pelanggan E-Commerce di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen 8, no. 1 (2023): 1–15.

Fattah, Reynaldi, dan Mardiati Nadjib. “Efektivitas Pemasaran melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Kunjungan Pasien di Rumah Sakit : Literature Review.” Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) 6, no. 4 (2023): 545–52. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i4.3173.

Muhammad Dharma Nusantara, Ratlan Pardede. “Influence of Social Media Marketing, Content Marketing, and Event Marketing towards Purchase Intention Mediated by Customer Engagement.” Journal of Indonesia Social Science Vol. 4 No (2023).

Satria, Edia. “Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Noka Cafe Kota Sungai Penuh.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 1 (2 Februari 2024). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8070.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

———. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sukman Musyarrafah, Haeruddin, Sumiaty. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Memilih Rawat Jalan di RSIA Malebu Husada Tahun 2022.” Journal of Muslim Community Health (JMCH) 2022 4, no. 4 (2022): 157–70.

Sutiono, Kosim, dan Theresia Pradiani. “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pasien Melakukan Tindakan Medis di Orthopedi Centre RS Eka BSD Tangerang.” Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 4, no. 1 (2023): 48–61.

Vendy Yhulia Susanto. “Jumlah Peserta BPJS Kesehatan Capai 267,31 Juta Orang Hingga Akhir Tahun 2023.” Kontan, 2024.

Yuwanda, A., C. Alma Nuraflah, dan M. Luthfi. “The Role of Marketing Communication Through Instagram in Increasing Interest Community Treatment in the Main Clinic Jemadi Outpatient.” Jurnal Network Media 6, no. 2 (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.4176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Didik Budiyanto, Theresia Pradiani, Fathorrahman Fathorrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License