FATHERING ADVERSITY MANAGEMENT

Husin Husin

Abstract


Peran ayah dalam sebuah keluarga sangatlah penting dalam membentuk kepribadian anak yang mandiri dan bertanggung jawab. Perannya tidak hanya sebagai sosok yang kuat sebagai penopang perekonomian keluarga, akan tetapi juga pembentuk karakter pantang menyerah (Adversity Quotient) yang sangat berguna bagi masa depan anak. Kajian tentang mengembalikan posisi ayah kepada yang penulis maksudkan sangatlah penting untuk diteliti dalam sebuah kajian tekstual (ayat-ayat Alqura>n) dan dalam kontekstual kekinian. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat library research dengan mengetengahkan ayat-ayat dialog antara ayah dan anak dalam Alqura>n, serta menggali pendapat dari tokoh-tokoh pendidikan anak yang kemudian proses content analysis menjadi pilihan peneliti ketika menganalisisnya. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa ada 14 dialog antara ayah dan anak dalam Alqura>n, sehingga menjadi sebuah pelajaran besar bagi seorang ayah bagaimana menempatkan posisinya dalam sebuah keluarga yang juga harus bisa menjadi imam, teman, pendidik dan mengajarkan kepada anak bagaimana menjadi pribadi yang tangguh, sabar, tidak mudah menyerah yang kemudian penulis sebut dengan FAM (Fathering Adversity Management).

Keywords


Pola Asuh, Adversity Quotient, FAM

Full Text:

PDF

References


‘Ik, Syekh Khalid bin Abdurrahman. Prophetic Parenting, terj. Dwi dan Aguk. Yogyakarta: Laksana, 2017.

‘Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak Dalam Islam, terj. Arif Rahman Hakim. Jawa Tengah: Insan Kamil Solo, 2017.

Astuti, Vera dan Achmad Mujab Masykur. “Pengalaman Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Anak (Studi Kualitatif Fenomenologis), Jurnal Empati Volume 4, no. 2 (2015).

Buseri, Kamerani. Pendidikan Keluarga Dalam Islam dan Gagasan Implementasinya. Banjarmasin: Lantin G, 2010.

G. Stoltz, Paul. Adversity Quotient, terj. T. Hermaya. Jakarta: PT. Grasindo, 2000.

G.Stolzt, Paul dan Erik Weinhenmayer. Adversity Advantage Mengubah Masalah Menjadi Berkah, terj.Kusnandar. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2008.

http://sippfm.com/peran-ayah-dalam-pendidikan-anak

http://www.kpai.go.id/files/2013/09/uu-nomor-35-tahun-2014-tentang-perubahan-uu-pa.pdf

https://gaya.tempo.co/read/774751/7-pilar-mendidik-anak-menurut-psikolog-elly-risman

https://t-anderson.squarespace.com/s/ImportantRoleofFathers

Husin, ’Adversity Quotient Pada Cerita Edukatif Surah Yu>su>f (Dalam Perspektif Pendidikan Islam)” Al Qalam 10, no. 2 (2016)

Kementerian Agama. Al-Quran Tikrar. Bandung: Sygma Creative, 2014.

M. Hanafi, Muchlis dkk. Biografi Lima Imam Madzhab Imam Ahmad Imam Besar dan teladan Bagi Umat Pendiri Madzhab Hanbali. Tangerang: Lentera Hati, 2013.

. Biografi Lima Imam Madzhab Imam Ma>lik Penapak Atsa>r dan Tradisi Ahli Madinah Pendiri Madzhab Maliki. Tangerang: Lentera Hati, 2013.

.Biografi Lima Imam Madzhab Imam Sya>fi’i Sang Penopang Hadits dan Penyusun Ushul Fiqh Pendiri Madzhab Syafi’i. Tangerang: Lentera Hati, 2013.

Maharani, Putri dan Budi Andayani. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Ayah Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja Laki-Laki “Jurnal Psikologi UGM), vol.xxx no.1 (2003)

Muthairi, Sarah binti Halil. Hiwa>r al-Aba> ma’al Abna> Fil Qura>nil Kari>m Wa Tathbi>qa>tuhu at-Tarbawiyah. Tesis tidak diterbitkan, Universitas Ummul Qura, Mekkah, 2008.

Rosenberg, Jeffrey and W. Bradford Wilcox. The Imprortance of Fathers in the Healthy Development of Children. tt : tp, 2006.

Salam, Lubis. Menuju Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahman . Surabaya: Terbit Terang, tt.

Setiawan, Agus. Konsep Pendidikan Tauhid dalam Keluarga Perspektif Pendidikan Islam, EDUCASIA, Vol. 2 No. 1, 2017.

Scott, William and Amy De La Hunt. The Important Role of Fathers in the Lives of Young Children. st.Louis : Parents as Teachers, 2011.

Shadik, Jenifer. Fathering Child Maltreatment : A Grounded Theory Study. Richmond : Virginia Commonwealth University, 2014.

Yoga, Miarti. Adversity Quotient Agar Anak Tak Gampang Menyerah. Solo: Tinta Medina, 2016.

Zamakhsyari, Abu al-Qa>sim Mahmu>d ibn Umar >. Al-Kasysyaf ‘an Haqa’iq at-Tanzi>l wa ‘Uyu>n al-Aqa>wil Fi> Wuju>h at-Ta’wi>li, juz 1. Mesir: Musthafa al-Ba>b al-Halaby> wa Aula>duh, tt.

Zubaidillah, Muh. Haris. “PendidikanAdversity Quotient Dalam Konsep Islam” Addabana 1, no. 2 (2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.