Komunikasi Dan Human Relation Pendidikan Berbasis Agama Filsafat, Psikologi dan Sosiologi

Fahrizal Akhirudin, Ujang Nurjaman

Abstract


Salah satu permasalahan yang kerap muncul di dalam organisasi adalah ketidakharmonisan hubungan antara pimpinan dengan anggotanya, atau antara sesama anggota. Permasalahan ini disebabkan adanya hambatan gangguan dalam komunikasi organisasi. Pelaksanaan komunikasi dan human relation di lembaga pendidikan memiliki kecenderungan belum terlaksana dengan baik. Terlihat adanya pegawai malas atau guru yang malas mengajar disebabkan suasana kerja kurang menyenangkan, terlambat menyelesaikan pekerjaan karena kurangnya perlengkapan memadai, kurangnya tanggung jawab bekerja karena tidak terlaksana prinsip the right man on the right place. Diduga prinsip human relation belum dilaksanakan cukup baik. Tujuan dari makalah adalah untuk mengetahi dan mengkaji: 1) Bagaiaman komunikasi dan human relation pendidikan berbasis agama. 2) Bagaimana komunikasi dan human relation pendidikan berbasis filsafat 3) Bagaimana komunikasi dan human relation pendidikan berbasis psikologis. 4) Bagaimana komunikasi dan human relation pendidikan berbasis sosiologi DAN 5) Ide kreatif apa yang dibutuhkan dalam membangun komunikasi dan Human relation pendidikan. Hasil kajian ini adalah Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa menjaga hubungannya dengan manusia (hablum min as-naas), di samping menjaga hubungannya dengan AllahSWT (hablum min Allah). Paradigma positivisme mendefiniskan komunikasi sebagi suatu proses sebab-akibat, yang mencerminkan pengirim pesan (komunikator/encoder) untuk mengubah pengetahuan (sikap atau perilaku) penerima pesan (komunikan/decoder) yang pasif. Dalam membina human relation, maka eksistensi masing-masing individu di dalam organisasi diakui dan dihormati. Manusia di dalam suatu organisasi baik hubungan formal maupun informal dalam menciptakan dan mewujudkan suatu kerja sama yang intim dan harmonis guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan di landasi saling pengertian dan saling menghargai. Kesimpulan makalah ini adalah urgensi human relation dalam komunikasi organisasi. Berdasarkan paparan-paparan dalam makalah ini dapat disimpulkan bahwa human relation merupakan salah satu teknik komunikasi yang harus diterapkan di dalam komunikasi organisasi guna mendukung pencapaian tujuan organisasi.


Keywords


Komunikasi, human relation, agama, filsafat, psikologis dan sosiologis

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro, and Bambang Q-Aness. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Burhan, Bungin. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Dan Diskursus Teknologi Komunikasi Di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Nawawi, Hadari. Kepemimpinan Menurut Islam Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press, 1993.

Oemi, Abdurrachman. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2001.

Rizki, Juni Wati Sri. “Urgensi Human Relation Bagi Organisasi.” Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman 2, no. 1 (2015): 130–144.

Siagian, Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sodikin, Oo, Deddy Hendriady, Sofyan Sauri, and Faiz Karim Fathullah. “Komunikasi Dan Human Relation Pemimpin Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi.” As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 5, no. 1 (2021): 14–31.

Uchjana Effendy, Onong. Human Relation and Public Relation. Bandung: Mandar Maju, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.